Kumpulan Doa dalam Al Qur'an dan Hadits

Telah banyak buku do’a yang tersebar di tengah masyarakat Islam. Ada yang berpedoman dengan ajaran Al-Qur’an, Sunnah, atau lainnya. Kadang masyarakat awam tidak dapat membedakan antara do’a yang sejalan dengan ajaran Nabi dan mana yang tidak. Sedangkan do’a yang tidak berdasarkan ajaran Nabi , ada yang berbau syirik, menyesatkan dan terkadang dapat menghapus aqidah Islam secara total. Nha, postingan kali ini mengenai kumpulan doa yang berdasar pada Al Qur'an dan Hadits-hadits dari Rasulullah SAW. Bagi yang ingin melihat sekaligus mengunduhnya, langsung klik di sini saja

Pacaran Islami... Ada Nggak Ya???

Bagi remaja, bila istilah itu disebut-sebut bisa membuat jantung berdetak lebih kencang. Siapa sih yang nggak semangat bila bercerita seputar aktivitas pacaran ini? Semua orang yang normal pasti seneng. Apalagi yang digambarkan dalam cerita film dan novel, baik yang happy ending maupun unhappy ending kisah-kasih itu. Tetap mengasyikan. Pokoknya aktivitas baku syahwat yang memang bukan barang baru di kalangan remaja itu terus diekspos dan dibuat seolah-olah legal.
Punya tampang sekeren personelnya “Westlife”? Dijamin bakal dikejar-kejar kaum Hawa. Baik yang mengejar ingin dikencani maupun yang ingin nagih utang (hua..ha..ha..). Coba aja bayangin, wanita mana sih yang nggak deg-degan kalo lihat tampangnya si Mark atawa Kian? Wuih, histeris, Brur! Maklum cowok ABG yang tergabung dalam kelompok Westlife ini cool banget. Jadi nggak heran kalo anak cewek merasa nyaman dapat gacoan model begitu.

Rokok itu Haram (Sebuah Fatwa)

Syaikh Muhammad Bin Sholeh Al Utsaimin Pernah ditanya tentang seputar hukum Rokok, maka beliau memberikan penjelasan tentangnya..
Merokok haram hukumnya berdasarkan makna yang terindikasi dari zhahir ayat Alquran dan As-Sunah serta i’tibar (logika) yang benar. Allah berfirman (yang artinya), “Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri dalam kebinasaan.” (Al-Baqarah: 195).
Maknanya, janganlah kamu melakukan sebab yang menjadi kebinasaanmu. Wajhud dilalah (aspek pendalilan) dari ayat di atas adalah merokok termasuk perbuatan yang mencampakkan diri sendiri ke dalam kebinasaan.
Sedangkan dalil dari As-Sunah adalah hadis shahih dari Rasulullah Shalallaahu ‘alaihi Wasallam. bahwa beliau melarang menyia-nyiakan harta. Makna menyia-nyiakan harta adalah mengalokasikannya kepada hal-hal yang tidak bermanfaat. Sebagaimana dimaklumi bahwa mengalokasikan harta dengan membeli rokok adalah termasuk pengalokasian harta pada hal yang tidak bermanfaat, bahkan pengalokasian harta kepada hal-hal yang mengandung kemudharatan.

SHALAT JAMAAH YANG BAIK DAN BENAR

DIMENSI-DIMENSI AJARAN ISLAM

HARIYONO USMAN / SAPARUDDIN

A.    PENDAHULUAN

Agama adalah sebuah realitas yang senantiasa melingkupi manusia. Agama muncul dalam kehidupan manusia dalam berbagai dimensi, termasuk agama Islam. Namun, yang menjadi tolak ukur dalam membedakan suatu agama adalah isi atau dimensi ajaran agamanya. Dalam Islam, ajaran Islam adalah pengembangan agama Islam. Komponen utama agama Islam atau unsur utama ajaran agama Islam (akidah, syari’ah, dan akhlak) dikembangkan dengan rakyu atau akal pikiran manusia yang memenuhi syarat untuk mengembangkannya. Yang dikembangkan adalah ajaran agama yang terdapat dalam al-Qur’an dan al-Hadist. Dengan kata lain, yang dikembangkan lebih lanjut supaya dapat dipahami oleh manusia.

Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa ajaran Islam adalah ajaran yang paling sempurna, karena memang semuanya ada dalam Islam, mulai dari urusan buang air besar sampai urusan negara. Islam telah memberikan petunjuk di dalamnya.

Salman Al-Farisi berkata,“Telah berkata kepada kami orang-orang musyrikin, ‘Sesungguhnya Nabi kamu telah mengajarkan kepada kamu segala sesuatu sampai buang air besar!’ Jawab Salman, ‘benar!” (Hadits Shohih riwayat Muslim). Hal ini dapat menunjukkan betapa sempurnanya agama Islam dan luasnya petunjuk yang tercakup di dalamnya, yang tidaklah seseorang itu butuh kepada petunjuk selainnya, baik itu teori demokrasi, filsafat atau lainnya; ataupun ucapan Plato, Aristoteles atau siapa pun juga.

 Oleh karena itu, sebagai muslim dan muslimat kita patut bersyukur memeluk agama Islam. Tetapi kesyukuran itu harus diikuti dengan mempelajari agama Islam itu sendiri, yakni ajaran-ajaran yang terdapat di dalamnya secara baik dan benar serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-sehari. Mempelajari ajaran Islam tersebut merupakan fardhu kifayah yakni kewajiban kemasyarakatan kaum muslimin. Di samping itu, ajaran Islam bersifat totalitas dan saling melengkapi. Dalam perkataan lain, bahwa kita mengamalkan ajaran Islam termasuk dimensi-dimensinya. Sehingga pada makalah ini akan membahas tentang dimensi-dimensi yang ada dalam ajaran agama Islam dan mengenai akidah, syariah, dan akhlak yang juga merupakan unsur pokok dalam ajaran Islam.

Dalam makalah yang berjudul “Dimensi-Dimensi Ajaran Islam” ini akan membahas 5 poin penting mengenai dimensi-dimensi ajaran Islam, yaitu:

1.    Dimensi Ritual
2.    Dimensi Mistikal
3.    Dimensi Ideologi
4.    Dimensi Sosial
5.    Akidah, Syariah, dan Akhlak
Pendahuluan  
Puisi termasuk salah satu bentuk karya sastra. Karya sastra merupakan bentuk komunikasi antara sastrawan dengan pembacanya. Karya sastra dituntut untuk memberikan hiburan (entertainment), maka keindahan,kesegaran,kemenarikan,manfaat,dan sejenisnya harus menyertai karya sastra itu. Apa yang ditulis sastrawan dalam karya sastranya adalah sesuatu yang ingin diungkapkan pada pembaca. Abrams (1976:6) mengemukakan ada beberapa pendekatan yang dapat dilakukan dalam menganalisis karya sastra, yaitu :
1. Pendekatan objektif (objective criticism), yaitu kajian sastra yang menitikberatkan pada karya sastra.
2. Pendekatan ekspresif (expressive criticism), yaitu kajian sastra yang menitikberatkan pada penulis.
3.Pendekatan mimetik (mimetic criticism), yaitu kajian sastra yang menitik-beratkan terhadap semesta/alam.
4. Pendekatan pragmatik (pragmatic criticism), yaitu kajian sastra yang menitikberatkan pada pembaca.
berkaitan dengan pendekatan pragmatik, bahwa kedudukan pembaca karya sastra sebagai faktor yang menentukan berhasil tidaknya karya sastra itu. Oleh karena itu, pada makalah ini, penyusun akan mengkaji puisi ”Al-Quran Nan Indah” karya Muhammad Thohir berdasarkan Teori Resepsi melalui pendekatan pragmatik.
Hariyono Usman

Chick lit relijius atau lebih tepatnya islami merupakan cerita tentang percintaan antara manusia yang dihubungkan dengan unsur-unsur agama Islam. Dengan kata lain, kisah percintaan yang berdasarkan atau secara islami. Kesan islami tersebut segera timbul bila hanya melihat sampulnya yang biasanya menampilkan sesosok wanita atau wajah wanita dan pria, dimana si Wanita biasanya mengenakan jilbab dan si Pria mengenakan kopiah atau semacamnya. Tokoh-tokohnya adalah tokoh-tokoh yang alim (pandai ilmu agama) dan cukup sibuk dan profesional yang waktu senggangnya digunakan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk kebaikan dunia dan kebaikan di akhiratnya kelak seperti, sholat, belajar agama, ke perpustakaan, dan mengisi kajian agama. Nama mereka juga menggunakan nama-nama yang islami atau nama yang tidak “trendy” di kalangan orang yang gaul dan trendy pula seperti Farid, Siti Fatimah, Rizqaan, Halimah, Harman, dan Farha. Mereka merupakan tokoh-tokoh yang mampu menunjukkan kemusliman dan kemuslimahannya, tetapi mereka juga mempunyai kelemahan-kelemahan sebagai manusia ciptaan Tuhan yang dapat mengganggu identitas mereka sebagai muslim sejati. Mereka hidup di dunia modern tapi tidak terpengaruh oleh aktivitas-aktivitas modern yang bagi mereka tidak mempunyai sama sekali malah bisa menjatuhkan mereka dalam lembah kebinasaan. Namun sebagian mereka juga tidak ketinggalan dengan teknologi modern yang terus megalami perkembangan mulai dari telepon, handphone, serta internet (email). Juga dengan selipan-selipan phrasa Arab yang tak belebihan tapi tepat.
Namun, dibalik itu semua sebenarnya dunia yang digambarkan mempunyai masalah-masalah yang khusus, yang kadang bertentangan dengan apa yang mereka pahami selama ini atau bertentangan dengan identitas mereka sebagi seorang muslim/muslimah. Mereka juga memegang nilai-nilai tertentu yang mereka dapatkan dari hidayah Allah Swt. Tulisan ini akan berusaha mengungkapkan nilai-nilai itu, didasarkan atas tiga buah chick lit relijius yang mempunyai kisah berbeda yang ditulis oleh pengarang. Ketiga chick lit relijius yang dipilih, Sepertiga Malam, Sandiwara Langit, dan Disangkanya Cinta. Ketiga chick lit ini ada yang berupa novel ada juga yang berupa cerpen yakni, Disangkanya Cinta. Namun, yang dilihat bukan novel ataupun cerpennya, tetapi penelitian ini lebih ke isi cerita dari ketiga chick lit ini dengan melihat nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Hariyono Usman
Mahasiswa FKIP Universitas Haluoleo Sultra,
E-mail: hariyonousman@yahoo.co.id
Alamat: Jl. Bangau No. 24 D

Abstrak: Tema kebebasan melanda ketiga drama tersebut, drama “Bulan Muda Yang Terbenam” karya La Ode Balawa, drama “Bunga Rumah Makan” karya Utuy T. Sontani, dan drama “Dilarang Kawin” karya Iwan Djibran. Gaya pencitraan tema kebebasan dalam drama-drama ini mempunyai jalan-jalan tersendiri dan dalam konteks yang berbeda pula.Berbeda dengan drama “Bunga Rumah Makan” yang sedikit memaparkan tentang kebebasan, drama “Bulan Muda Yang Terbenam” dan drama “Dilarang Kawin” menyajikan makna kebebasan secara tersirat dalam dialog-dialog para tokoh di dalamnya. Dengan gaya bahasa, perumitan tema, dan latar permasalahan membuat makna kebebasan dalam drama-drama ini semakin beragam.
Kata kunci: Kebebasan, tema, tradisi, drama, kajian

Pendahuluan  
Puisi termasuk salah satu bentuk karya sastra. Karya sastra merupakan bentuk komunikasi antara sastrawan dengan pembacanya. Karya sastra dituntut untuk memberikan hiburan (entertainment), maka keindahan,kesegaran,kemenarikan,manfaat,dan sejenisnya harus menyertai karya sastra itu. Apa yang ditulis sastrawan dalam karya sastranya adalah sesuatu yang ingin diungkapkan pada pembaca. Abrams (1976:6) mengemukakan ada beberapa pendekatan yang dapat dilakukan dalam menganalisis karya sastra, yaitu :
1. Pendekatan objektif (objective criticism), yaitu kajian sastra yang menitikberatkan pada karya sastra.
2. Pendekatan ekspresif (expressive criticism), yaitu kajian sastra yang menitikberatkan pada penulis.
3.Pendekatan mimetik (mimetic criticism), yaitu kajian sastra yang menitik-beratkan terhadap semesta/alam.
4. Pendekatan pragmatik (pragmatic criticism), yaitu kajian sastra yang menitikberatkan pada pembaca.
berkaitan dengan pendekatan pragmatik, bahwa kedudukan pembaca karya sastra sebagai faktor yang menentukan berhasil tidaknya karya sastra itu. Oleh karena itu, pada makalah ini, penyusun akan mengkaji puisi ”Al-Quran Nan Indah” karya Muhammad Thohir berdasarkan Teori Resepsi melalui pendekatan pragmatik.
Sastra Melayu muncul sejak bahasa Melayu itu sendiri muncul pertama kali. Bahasa Melayu berasal dari daerah Riau dan Malaka, berkembang dan menyebar ke seluruh pelosok nusantara dibawa oleh pedagang. Pada ragam karya sastra puisi, Sastra Melayu yang pertama berbentuk mantera, pantun, syair. Kemudian, bermunculan pantun kilat (karmina), seloka, talibun, dan gurindam. Sedangkan pada ragam karya sastra prosa, Sastra Melayu yang pertama berbentuk cerita-cerita pelipur lara, dan dongeng-dongeng. Dongeng meliputi legenda, sage, fabel, parabel, mite, dan cerita jenaka atau orang-orang malang/pandir.Bahkan, ragam karya sastra melayu ada yang berbentuk hikayat, tambo, cerita berbingkai, dan wiracarita (cerita panji). Pada cerita dongeng sering isinya mengenai cerita kerajaan (istanasentris) dan fantastis. Kadang-kadang cerita tersebut di luar jangkuan akal manusia (pralogis).

Untuk selengkapnya, silahkan download file ini di sini

Analisis Ekspresif Lima Puisi

Karya sastra yang dibahas dalam penganalisisan ini adalah puisi-puisi yang terdapat dalam buku kumpulan puisi ”Dua Sisi Mata Cinta”. Puisi adalah sebagai alat pengungkapan fikiran dan perasaan atau sebagai alat ekspresi, (Taufik Ismail). Dalam buku kumpulan puisi “Dua Sisi Mata Cinta” yang sempat penyusun baca, penyusun memilih lima puisi yang akan dianalisis untuk mengetahui makna yang ada dalam puisi-puisi tersebut. Puisi-puisi itu adalah (1) “Ziarah Tanah Tuhan”” karya La Ode Gusman Nasiru, (2) “kau Masih Ada” karya Betwan, (3) “Angin”karya Wa Ode Rizki Adi Putri, (4) “Dua Sisi Mata Cinta, karya Rini Ringkoda, A.Ma, dan (5) “Nelayan” karya Irwanto. 5 puisi ini merupakan sekelumit dari sekian banyak hasil karya imajinatif dan kreatif dari tangan-tangan mahasiswa-mahasiswi dan pelajar dalam mengikuti kagiatan “Pekan Sastra 2009” dalam rangka memperingati hari Chairil Anwar. Fakta dalam kehidupan nyata diangkat (diletakkan) penyair dalam jaringan keseluruhan dunia fiksi dan dunia rekaan melalui daya imajinasi yang kemudian dituangkan dalam tulisan sehingga menjadi karya imajinatif yakni puisi.

Selengkapnya, silahkan baca di sini
Asumsi dasar penelitian psikologi sastra antara lain dipengaruhi oleh anggapan bahwa karya sastra merupakan produk dari suatu kejiwaan dan pemikiran pengarang yang berada pada situasi setengah sadar (subconcius) setelah jelas baru dituangkan kedalam bentuk secara sadar (conscius). Dan kekuatan karya sastra dapat dilihat dari seberapa jauh pengarang mampu mengungkapkan ekspresi kejiwaan yang tak sadar itu ke dalam sebuah cipta sastra.
Pada puisi “Berdiri Aku” ini, Amir Hamzah mampu mengungkapkan ekspresi kejiwaannya tentang sesuatu yang merasuk dalam imajinasi dan pemikirannya tentang pencarian makna hidup dan tentang sesuatu yang menjadi tujuan utama manusia dalam kehidupan ini. Lalu pengalamannya tersebut menjadi imajinasi yang melahirkan produk kreatifitas yang berupa karya sastra dalam puisinnya yang berjudul “Berdiri Aku” ini.

Selengkapnya, silahkan baca di sini

Sekarung Puisi

Postingan saya kali ini adalah berupa Kumpulan puisi, baik itu lokal maupun nasional. Mungkin teman-teman lagi pusing mencari puisi-puisi dari berbagai penyair. nah, di sini merupakan kumpulan puisi dari berbagai penyair. seperti sang Pelopor 45 Chairil Anwar, Sapardi Djoko Damono, Taufiq Ismal, dan masih banyak lagi. sedangkan penyair dari daerah saya sendiri (baca: Sulawesi Tenggara), ada Irianto Ibrahim, Ahid Hidayat, dan Lain-lain. Oh ya, Postingan saya kali ini juga plus dengan Biodata singkat dari para penyair. bagi yang ingin melihat, silahkan baca di sini.

Semoga Bermanfaat!

Drama yang sangat bagus. Bagi yang ingin membaca drama satu babak dari tanah Spanyol ini, langsung klik saja di sini ya!
Teman-teman yang ingin membaca drama Malam Terakhir karya Toto Sudarto B., silahkan baca di sini
Dalam mengidentifikasi kesalahan hal yang perlu kita ketahui adalah apa saja yang perlu dianalisis dalam tataran fonologi suatu bahsa. Adapun kesalahan-kesalahan dalam tataran fonologi ini adalah penghilangan fonem, penambahan fonem, perubahan fonem, pengucapan bunyi diftong dan kesalahan jeda. Dari sampel kesalahan di atas kita dapat mengidentifiksi kesalahan-kesalahan berbahasa dengan membaginya dalam lima aspek sepertI yang telah dipaparkan pada bagian pengantar, yakni:

Baca selengkapnya di sini
......................................................................................................
Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian lapangan. Datanya diperoleh dilapangan sesuai dengan tujuan penelitian. Sebagai jenis penelitian lapangan, metode yang akan dipakai adalah mentode deskriptif kuantitatif. Dengan perkataan lain, data yang diperoleh dari hasil penguasaan relasi makna Bahasa Indonesia siswa kelas X SMAS Muhammadiyah Kendari, akan direalisasikan dan diolah dengan menggunakan angka-angka dan akan ditabulasi menggunakan rumus statistik serta penjelasan secara detail.
 
3.2 Populasi dan Sampel

  3.2.1 Populasi

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS Muhammadiyah Kendari yang terdaftar dalam tahun ajaran 2011/2012.

3.2.2 Sampel

Jumlah populasi pada kelas siswa kelas X SMAS Muhammadiyah Kendari berjumlah 120 orang siswa yang terbagi menjadi 4 kelas, yaitu X1, X2, X3, dan X4. Dari empat kelas tersebut, siswa yang akan ditarik sebagai sampel hanya 25% dari keseluruhan jumlah populasi siswa pada keseluruhan siswa kelas X SMA tersebut (stratifield random sampling). Jadi siswa yang akan dijadikan sampel berjumlah 30 orang siswa.


Baca Selengkapnya di sini
 ..................................................................................................................................................................
 Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting bagi siswa. Keterampilan menulis siswa harus terus ditingkatkan, terutama keterampilan menulis surat resmi. Pada siswa SMP kelas VIII misalnya, diharapkan dapat menulis surat resmi dengan benar sesuai aturan yang ada dalam penulisan surat resmi. Dalam keterampilan menulis, ketepatan pengungkapan gagasan harus didukung oleh ketepatan bahasa yang digunakan (Depdiknas 2003: 5).

Pembelajaran menulis di Sekolah Menengah Pertama perlu mendapat perhatian dari para guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Ketika dihadapkan pada pembelajaran menulis surat resmi, siswa selalu mengalami kesulitan terutama dalam penggunaan bahasa. Hasil tulisan siswa sebagian besar lemah dalam masalah kebahasaan dan teknik penulisan. Selama pembelajaran menulis, siswa kurang memperhatikan aturan-aturan yang ada dalam keterampilan menulis sehingga menyebabkan lemahnya keterampilan siswa dalam menulis surat resmi.

Selengkapnya baca di sini
SMA Negeri 7 Kendari
Tegang, takut, was-was, cemas, setidaknya itulah yang dirasakan oleh siswa-siswi yang akan menghadapi Ujian Akhir Nasional di Tahun Pelajaran 2011-2012 ini. namun, semoga ada yang menanggapinya dengan penuh rasa percaya diri dan berani. Untuk mencapai rasa percaya diri ini, pastinya dibutuhkan usaha yang keras, yakni dengan cara belajar, belajar, dan belajar (plus berdoa juga nah).

Oleh karena itu, saya mau bagi-bagi info nih tentang jadwal Ujian Nasional 2012 dan (yang paling penting) Kisi-kisi Ujian Nasional 2012 (mulaimi senyum-senyum setan lagi,,ckckck). Baiklah, ini dia infonya.