Ayo, Meresensi Buku!

Resensi adalah tulisan yang berisi ulasan baik buruk tentang isi buku. Buku yang diresensi biasanya yaitu buku terbitan baru. Melalui resensi, kita (pembaca)-sebelum membeli buku tersebut-dapat mengetahui detail keseluruhan isi buku plus kelebihan dan kekurangan isi buku tersebut.

Resensi mempunyai struktur yang membangunnya meliputi (1) judul resensi, (2) identitas buku, (3) pendahuluan, (4) isi resensi, dan (penutup).

Pada pembelajaran di sekolah, khususnya di SMP, resensi menjadi salah satu materi pembelajaran di kelas IX. Materi ini sangat penting bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis mereka. Di samping itu, materi tersebut juga bisa menjadi keterampilan baik bagi mereka di masa depan sehingga dari keterampilan ini bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit. Lebih dari itu, materi resensi juga menjadi menjadi materi "langganan" Ujian Nasional tingkat SMP-sederajat. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa contoh resensi yang dapat menambah pemahaman kita tentang resensi.

Resensi I
 Berpidato? Siapa Takut!
Karya : Fairuz Rika G.
SMP-TQ Mu'adz Bin Jabal Kendari 

Judul resensi : Mengubah Dunia Dengan  Berpidato
Judul buku   : Why? Presentation
Penulis         : Sungmin Jeong
Alih bahasa  : Endah Nawang Novianti
Penerbit       : PT.Elex Media Komputindo
Cetakan       : tahun 2014
      
       Melalui buku “why?presentation” ini, Sungmin Jeong mengatakan bahwa pidato merupakan salah satu kemampuan yang penting. Pidato juga dibutuhkan agar kita bisa menyampaikan pemikiran kita. Kemampuan seseorang dalam hal menyampaikan pemikiran yang masuk akal akan mudah mempengaruhi orang lain.
      Beberapa orang biasanya tidak mau mengemukakan pendapatnya, entah karena malu, takut atau hal lainnya. Dengan adanya buku ini,Sungmin Jeong memberikan beberapa solusi bagi orang-orang yang takut atau malu untuk mengemukakan pendapatnya, salah satunya dengan menumbuhkan rasa percaya diri dan praktek mengemukakan pendapat, sebagai contoh, biasanya guru akan menanyakan jawaban dari soal yang ia berikan, beberapa murid mungkin sudah mengerjakan soal tersebut,namun karena takut jawabannya akan salah,dan akhirnya menjadi bahan tertawaan teman sekelas, mereka pun mengurungkan niat. Pada saat seperti ini,hilangkan rasa takut salah dari otakmu,dan majulah untuk menjawab soal itu. Kalaupun salah, setidaknya kamu sudah berani untuk maju dan pasti gurumu akan menghargai sikapmu.
      Salah satu bab dari buku ini adalah yang pertama tiga faktor utama pidato. Pada bab ini,pembaca diberitahu bahwa seseorang akan berpidato dengan baik apabila memiliki keseimbangan antara gestur yang penuh makna,isi yang logis dan kemampuan menyampaikan sehinga mudah diterima. Jika kita berpidato kepada pendengar yang umumnya para remaja denga bahasa yang terlalu serius, kaku  juga terlalu formal. Pendengar akan susah mengerti karena mereka belum terbiasa denga bahasa seperti itu mereka juga akan merasa bosan. Namun,jika sebaliknya kita berpidato dengan bahasa yang santai atau gaul,mereka akan nyaman dan mudah mengerti apa yang ingin kita sampaikan.
      Bab selanjutnya, gaya khas pada pidato.Gaya dalam kalimat ini tidak berarti tentang pakaian yang akan dikenakan saat pidato. Namun, cara bicara dan sikap kamu dalam menyampaikan pidato agar pendengar selalu menaruh perhatian dan merasa nyaman mendengarkan pidatomu. Selain itu, gaya bahasa yang dipakai orang-orang biasanya bergantung pada kepribadiannya sehari-hari, dengan begitu gaya bahasanya akan terlihat natural. Contoh gaya bahasa adalah gaya bahasa Barrack Obama, Presiden ke 44 ini. Membawakan pidatonya tanpa penjelasan yang kongkret ,dengan ekspresi yang sopan dan bersungguh-sungguh.Beliau berbicara dengan sangat pelan dan kalimat pendek dengan maksud membuat pendengarnya fokus.Beliau sering berhenti disela-sela pidatonya kemudian melanjutkan pidatonya dengan gestur yang kuat.
     Setelah membaca semua isi buku ini,akan terlihat bahwa ada banyak peristiwa-peristiwa kecil dan sederhana yang dijadikan contoh, sehingga mudah dimengerti. Selain itu dengan buku yang didesain seperti komik,akan menambah minat baca, apalagi untuk anak-anak. Bukan hanya tekknik berpidato. Buku ini juga membahas bagaimana agar kita tidak bosan selama belajar, tokoh-tokoh yang mempengaruhi dunia dan lain sebagainya. Jadi, kita tidak mudah bosan. Namun, beberapa bahasanya sulit untuk dipahami, apalagi jika pembacanya anak-anak.
      Setelah membaca buku ini, pasti akan ada rasa tertarik untuk belajar berpidato, walaupun rasa tertarik itu tumbuhnya sedikit paling tidak sudah ada kemauan dari dalam diri kita. Dengan kemampuan berpidato, kita bisa mempengaruhi orang-orang untuk berbuat baik dan akhirnya bisa mengubah dunia menjadi lebih baik pula.
 Resensi II

AIR YANG MENAKJUBKAN
Karya: Hanan Karimah
SMP-TQ Mu'adz Bin Jabal 

Judul buku   : Kedahsyatan Air Putih Untuk Ragam Terapi Kesehatan
Penyusun    :  As’adi Muhammad
                       Diyan Yulianto
                       A.Budi
                       Antini
Penerbit       : Diva Press, Jogjakarta
Tahun terbit :  2013
Tebal buku  :  178 halaman

Anda atau Kelurga Anda menderita penyakit berat dan sudah mencoba berbagai pengobatan medis maupun alternatif, tapi belum juga menunjukkan tanda-tanda kesembuhan?
Jangan berputus asa!
Setiap penyakit pasti ada obatnya. Bahkan, terkadang, obat itu tidak harus mahal karena tersedia berlimpah di sekitar kita. Salah satunya adalah air. Air putih, yang sangat berlimpah ruah sangat ampuh sebagai  media penyembuhan melalaui suatu metode yang disebut  “ terapi air “ 
Terapi air bukanlah cara  baru yang ada pada zaman modern, namun terapi air telah diperaktikkan pada zaman purba atau nenek moyang kita dan terbukti, air dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti batu ginjal, hipertensi, asma, kanker, dan masih banyak lagi. Selain murah meriah, terapi ini bisa diperaktikkan sendiri di rumah.
Buku ini tidak sekedar menjelaskan mengenai terapi air, namun mengulas lengkap dari syarat air yang digunakan dalam terapi, cara  melakukan terapi,  hingga macam-macam  penyakit yang bisa disembuhkan, tersedia lengkap dan detail dalam buku ini. Mulai pengenalan kedahsyatan energi air hingga metode yang bisa dipakai untuk praktiknya. Inilah yang menjadikan buku ini wajib dibaca oleh anda yang tengah mencari pengobatan alterrnatif guna menyembuhkan penyakit yang menggorogoti tubuh.
Namun, di balik kelebihan tersebut, ada pula kekurangan dalam buku ini, yaitu adanya beberapa istilah yang mungkin kurang familiar bagi pembaca. Disamping itu juga pernampilam gambar yang tidak berwarna membuat penampilannya menjadi kurang menarik.


Resensi III

                                                MUDAHNYA MEMPELAJARI HUKUM ISLAM
                                                                            Karya: Nurul Afiyah
                                                                                       SMP-TQ Mu'adz Bin Jabal Kendari
Identitas buku:
1.    Judul buku      : Fiqih Ibadah Bergambar.
2.    Penulis            : Abdullah Salim Umar Bahammam.
3.    Penerjemah     : Suptiadi Yosup Boni.
4.    Cetakan         : Februari 2014.
5.    Ukuran         : 20 x 27 cm.
6.    Ketebalan     : 296 halaman.

Mempelajari hukum islam, wajib bagi setiap muslim di dunia. Dia antara tanda-tanda kesholihan dan keutamaan seseorang adalah dijadikannya paham terhadap ajaran agama Islam. Rasulullah telah bersabda pada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari; “Barangsiapa yang dikehendaki baginya kebaikan oleh Allah maka ia dijadikan paham terhadap agama Islam”. Oleh karena itu, Rasulullah dalam banyak haditsnya memotivasi dan menganjurkan umatnya untuk banyak mengajarkan ilmu fiqih kepada manusia dan memudahkan mereka mempelajari ilmu fiqih. Seperti pada buku yang berjudul Fiqih Ibadah Bergambar .
Buku ini memudahkan pembaca untuk mempelajari ilmu fiqih yang sesuai dengan tuntunan al-Qur’an dan as-Sunnah. Mulai dari tata cara bersuci, shalat, puasa, zakat, hingga haji. Buku ini membahas fiqih ibadah yang disajikan dengan memanfaatkan sarana media visual baik gambar, foto dan video layaknya film. Buku ini diketik dan didesign dengan memanfaatkan teknologi dan sarana media modern yang disajikan dalam 14 bahasa. Buku ini dapat dibaca di berbagai kalangan dan dapat dipakai pada lembaga sosial dan lembaga pendidikan. Hanya saja, pada proses pengetikan ada beberapa huruf yang hilang dan ada beberapa ayat yang tidak sesuai.


Semoga Bermanfaat






0 komentar:

Posting Komentar